Prak 4 – Memperhalus Walk Cycle menggunakan Konsep Arcs
1.
Tujuan
Memperhalus walk cycle menggunakan konsep Arcs
2.
Alat
Adobe Flash Professional CS 5
3.
Bahan
Sebuah walk cycle yang memiliki kriteria berikut:
1.
Pose lengkap (contact, down, passing,
up)
2. Timing tepat ( 8 frame atau 16 frame )
3. Inbetween antar pose (seluruh frame terisi keyframe)
4. Arcs
4.
Dasar Teori
Secara prinsip, ada minimal 4 konsep yang perlu
dipenuhi, antara lain:
1. Pose
Gerakan paling ekstrim dari tiap gerakan yang ada
2. Inbetween
Gerakan antara suatu pose ke pose lainnya
3.
Arcs
Sistem pergerakan tubuh objek yang bergerak mengikuti
pola/jalur.
4. Timing
Waktu yang menentukan kapan sebuah gerakan harus
dilakukan.
5.
Tugas Praktikum
Perbaiki arcs pada titik:
1. pinggul
2. tumit
6.
Petunjuk Praktikum
Salah satu cara memperhalus animasi adalah dengan
memperhatikan arcs-nya. Arcs yang dimaksud adalah lengkungan lintasan
pergerakan. Arcs yang perlu diperhatikan pada walk cycle adalah arcs dari titik
penting sebuah stickman. Ada banyak titik penting yang perlu di-cek arcs-nya.
Salah satunya adalah titik tumit.
Cara mengecek arcs yang dihasilkan dari pergerakan
tumit.
1. Menandai titik pentingnya. Yang saya ambil sebagai
titip penting disini adalah tumit, titik tumit ditandai dengan titik warna
hijau.
2. Setelah seluruh titik tumit pada seluruh frame
ditandai, maka kita akan dapat kumpulan titik sebagai di setiap frame.
3. Jika titik-titik hijau tersebut dihubungkan, maka akan
bisa dievaluasi apakah animasinya sudah halus atau belum. jika garis yang
dihasilkan tidak berbentuk kurva mulus, maka animasinya termasuk kurang halus.
4. Jika ingin membetulkan letak tumit yang tidak
membentuk kurva lurus yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe
tersebut, maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
7.
Hasil Praktikum
8.
Kesimpulan
Dengan menggunakan Arcs, kita dapat menghasilkan
animasi yang lebih halus. Penentuan titik tumpu bisa dilakukan pada pinggul
maupun tumit.
9.
Referensi
0 komentar: