KOKOHKAN KEMBALI RASA CINTA TANAH AIR

0 Comments

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Bapak Basuki selaku dosen mata kuliah komunikasi serta teman-teman yang berbahagia. 

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah serta inayahNya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal-afiat.

Teman-teman beserta bapak dosen yang saya hormati

Hari ini adalah hari yang sangat spesial, kenapa? Karena saya akan membawa teman-teman semua untuk mengingat dan lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya akan membawakan pidato dengan judul  KOKOHKAN KEMBALI RASA CINTA TANAH AIR"
Hm....Cinta tanah air? Pastinya sudah mengerti semua kan makna dari Cinta Tanah Air? Ya,Cinta Tanah Air adalah rela berkorban untuk tanah air dan membela dari segala macam ancaman dan gangguan yang datang dari bangsa manapun.

Teman-teman yang saya banggakan,

Kini Cinta Tanah Air merupakan hal yang sudah sangat berkurang dan bahkan sekarang ini tidak sedikit orang-orang yang membenci tanah airnya sendiri, yaitu Indonesia.  selama ini rasa kebangsaan Indonesia kita dianggap sudah mulai luntur, hal ini dikaitkan dengan kenyataan derasnya arus globalisasi dan westernisasi yaitu semakin lunturnya budaya ketimuran Indonesia. Semakin sulit kita temukan pada anak muda zaman sekarang yang mempunyai sopan santun khas budaya Timur yang dulu dipraktekkan orang-orang tua kita pada zamannya. Semakin sulit pula kita menemukan generasi muda sekarang yang hafal butir-butir dari sila pancasila.

Teman-teman yang saya cintai

Saling menghormati adalah modal utama untuk membina sebuah persatuan yang solid. sebaliknya, tak adanya rasa saling hormat adalah alasan utama dari perpecahan. Bangsa kita ini dikaruniai Tuhan berbagai macam hal yang mungkin saja membuat bangsa lain hanya bisa iri. Alam yang indah, laut yang luas, iklim yang hangat, budaya yang amat sangat beragam, serta penduduk yang memiliki keramahan khas timur. tetapi sayang seribu sayang, di tengah keunggulan bangsa kita yang berlimpah itu tetap saja ada satu cacat: MORAL!. Generasi kita adalah harapan bagi Indonesia untuk maju. Maka dari itu,adalah tanggung jawab kita untuk membangun kembali bangsa ini dari puing-puing impian pendahulu yang tercecah.Kita harus menjaga rasa cinta kita terhadap negara secara konsisten.

Teman-teman yang berbahagia,

Agar kita bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, pertama kita harus mengtahui perjuangan pahlawan bangsa kita. kita harus mengerti dan menghayati apa saja perjuangan dan yang diperjuangkan oleh para pahlawan di masa lalu. Kedua, kita harus mengenali bangsa kita, serta budaya-budaya yang terkandung di dalamnya. Agar tumbuh rasa Saling menghormati dan saling memiliki budaya satu sama lain di bawah atap bangsa Indonesia.

Jhon F.kennedy mengatakan, jangan menuntut apa yang Negara bisa lakukan untukmu tetapi apa yang bisa kamu lakukan untuk Negara. Dengan kalimat ini,ayo Bangkitkan rasa cinta tanah air dalam diri kita serta yakinlah masih banyak potensi bangsa ini yang dapat dikembangkan demi tetap terpeliharanya rasa kebangsaan dan dapat dijadikan pijakan untuk usaha-usaha memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan Indonesia.

Witing tresno jalaran seko kulino. Sesuai kalimat tersebut, maka semakin kita mengeksplorasi, rasa cinta kita pun akan bertambah besar. mari kita tumbuhkan dan pelihara nasionalisme kita untuk membangun Indonesia!

Kiranya cukup sampai disini sedikit pidato yang dapat saya sampaikan. Untuk segala kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan dihati Bapak serta teman-teman semua baik yang saya sengaja maupun tidak, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Mariska Listyasari

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: