Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule)
1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal
teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar
Teori
Pada
praktikum kali ini kita menggunakan beberapa alat pada Cinema 4D yaitu Subdivision
Survace, Cloner, Spline Wrap.
Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama
dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada
tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang
yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang
bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang
memahat objek 3D dalam bentuk digital.
Kita
juga menggunakan Cloner. Cloner
sendiri berfungsi untuk mengcopy objek utama yang telah kita buat. Untuk
Praktikum kali ini, Cloner membantu mempercepat penyelesaian pembuatan aset
sekunder karena kita bisa mengcopy aset yang telah kita buat untuk dijadikan
bentuk utuh tanpa harus membuat satu persatu
Disini
kita juga memanfaatkan Spline Wrap. Spline
warp berfungsi untuk membuat lengkungan sehingga nantinya objek bisa
tertata melengkung sesuai yang kita inginkan.
Cara
menggunakan cloner untuk cloner ini berarti kita mengcloner objek yang telah
kita cloner. Caranya yaitu kita mengclone dulu objek utama kita. Kemudian kita
tata sesuai yang kita inginkan. Setelah itu kita buat clone dari tatanan cloner
yang telah kita bentuk. Dengan cara seperti sebelumnya
5. Tugas
Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
7. Kesimpulan
Pada Praktikum kali ini saya mengalami kesulitan. Kesulitan yang saya alami adalah bentuk bawah objek yang saya buat terdapat lengkungan sehingga bentuh bawah objek saya terlihat seperti ada cekungan. Namun Hal ini sudah bisa saya perbaiki. Dan Alhamdulillah objek yang saya buat selesai sesuai tutorial yang diberikan
8. Referensi
0 komentar: