Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE
1.
Tujuan
Pada praktikum ini,
mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After
Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan
compositing di AE.
2.
Alat
· Maxon
Cinema 4D R17
· Adobe
After Effects CC 2015
3.
Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4.
Dasar Teori
Dalam melakukan praktikum ini kita
memerlukan beberapa bagian dari cinema 4D seperti:
§ Camera
Depth: Camera Depth merupakan kedalaman area yang bisa di tangkap oleh sebuah
kamera.
§ Multi
Pass Rendering: Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam
industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan
dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan
dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas
setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan,
dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan
lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali
membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
§ Depth
of Field : Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi,
depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang
efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan
yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya
pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi
jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi
tampilan normal.
§ Compositing:
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah
menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen
adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing
adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen",
"layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak
semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik
compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès
pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.
5.
Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah
kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
§ Multi
Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
§ Import
masing-masing image sequences ke AE.
§ Implementasi
DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
6.
Hasil Praktikum
7.
Kesimpulan
Untuk proses multi pass
rendering saya merasa belum mendapat kesulitan. Namun pada saat ini, saya belum
memulai import hasil gambar ke after effect.
8.
Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
0 komentar: