Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion

0 Comments

1.        Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.

2.        Alat
Cinema 4D R16

3.        Bahan
tanpa bahan

4.        Dasar Teori
Pada praktikum kali ini kita akan membuat sebuah objek seperti lampu stadion. Disini kita menggunakan beberapa channel dan efek-efek untuk menjadikan objek yang kita buat terlihat seperti lampu stadion.
Yang pertama kita menggunakan Bump Map yang terdapat pada material setting. Bump Map disini merupakan teknik untuk memberikan benjolan atau kerutan seperti tekstur untuk membuat objek material terlihat seperti nyata dan tidak kaku. Selanjutnya kita juga menggunakan Channel Color. Channel Color disini berfungsi untuk mengatur warna dasar pada material sesuai yang kita inginkan tanpa terpengaruh pada pencahayaan.
Selain menggunakan Channel Color kita juga masih menggunakan channel-channel lain seperti channel reflectance. Channel Reflection ini berfungsi untuk memberikan refleksi dari material terhadap objek yang ada di sekitarnya. Dan yang terakhir kita menggunakan channel luminance. Channel Luminance disini berfungsi untuk memungkinkan kita menngatur material yang dapat terlihat meskipun tidak ada satupun sumber cahaya karena material ini dapat memancarkan cahaya sendiri.
Textures circles berfungsi untuk memberikan tekstur bulat atau seperti lingkaran yang menjadikan objek yang kita buat terlihat timbul timbul bulat kecil kecil yang bisa kita atur dan sesuaikan sendiri ukurannya.

5.        Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6.        Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion

7.        Hasil Praktikum
sertakan video hasil praktikum pada bagian ini



8.        Kesimpulan
Dengan adanya praktikum kali ini saya menjadi mengetahui bagaimana cara emmbuat efek seperti lampu stadion yang menyala. Disini saya belum menemukan kesulitan apapun. Saya juga mengetahui bagaimana cara memberikan efek seperti tekstur kerutan dan sebagainya sehingga objek yang saya buat menjadi terlihat seperti nyata.

9.        Referensi

Mariska Listyasari

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: