Prak 01 – Logo 3D 360 (Turn Table Animation)

0 Comments

1.     Tujuan
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2.     Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16

3.     Bahan
Logo Adobe

4.     Dasar Teori
Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Jenis animasi yang banyak terkenal adalah animasi 2D dan animasi 3D.
Animasi 2D adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vector yaitu x dan y. Animasi ini di buat dari beberapa gambar dengan layer terpisah. Animasi ini terdapat pada film kartun. Sedangkan animasi 3D adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vector yaitu x, y dan z. Dengan animasi 3d, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mempunyai dimensi , ruang dan kedalaman bayangan. Dalam membuat animasi, biasanya kita harus tracing terlebih dahulu. Tracing adalah menggambar ulang sesuai dengan gambar/objek acuan yang akan di buat.
Contoh animasi 2D
Contoh Animasi 3D

Dengan adanya 2 animasi ini, maka software yang digunakan pun juga berbeda. Untuk membuat animasi 2D kita menggunakan software adobe Flash sedangkan untuk membuat animasi 3D kita menggunakan software cinema 4D. Keduanya memiliki perbedaan yaitu, dengan Adobe Flash, hanya ada 2 vektor yaitu x dan y yang tidak bisa diatur ketebalannya dan tidak bisa di putar 360 derajat. Sedangkan pada cinema 4D terdapat 3 vektor yaitu x, y dan z yang bisa diatur ketebalannya dan dapat berputar 360 derajat

5.     Tugas Praktikum
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian

6.     Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum.
1.   Tracing Logo menggunakan illustrator
2.   Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
3.   Membuat animasi 360 derajat
4.   M­­erender animasi ke dalam file movie (mp4)

7.     Hasil Praktikum



8.     Kesimpulan
Dengan dikenalkan mengenai animasi 3D kita bisa belajar menggunakan software cinema 4D dan bisa membuat objek yang terlihat nyata. Pada kali ini, saya mendapat kesulitan dalam memutar objek. Namun saya sudah bisa memperbaikinya. Ternyata hal ini dikarenakan, saya keliru dalam memasukkan 360 derajat. dimana ini harus di masukkan pada frame terakhir yang diinginkan namun malah saya masukkan pada frame ke- 0
9.     Referensi

Mariska Listyasari

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: