Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

0 Comments

1.        Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2.        Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler
3.        Bahan
Hasil praktikum sebelumnya

4.        Dasar Teori
Motion guide pada flash dengan camera path pada cinema 4D sebenarnya hampir sama, hanya saja camera path memiliki sumbu z sehingga agak sulit untuk mengaturnya. Dalam menggunakannya, kita juga harus mengattach object yang ingin dibuat mengikuti path yang telah di buat.
Pada cinema 4D juga terdapat pilihan-pilihan command seperti Physical Sky dan Area Light. Dimana keduanya memiliki perbedaan. Pada Physical sky bertindak sebagai background 3D (360 derajat), tetapi kita juga dapat mengaktifkan sun/directional light melalui inspector pada sky namun sun tidak mempengaruhi lighting jika kita tidak mengaktifkan global illumination pada render setting. Sedangkan area light bertindak sebagai sumber cahaya yang memiliki jangkauan area berbentuk sebuah bidang yang bisa diatur.
Untuk membuat tampilan menjadi terlihat menarik, terdapat material yang berfungsi untuk memberi warna/texture pada suatu object. Kita dapat memanipulasi sebuah object terlihat seperti kaca, metal, atau bahkan batu dengan menggunakan material.
5.        Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
-          Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
-          Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6.        Hasil Praktikum




7.        Kesimpulan
Pada percobaan kali ini, saya mengalami kesulitan di saat meletakkan arc. Arc yang saya letakkan selalu susah di atur dan susah untuk di posisikan di atas bidang. Namun setelah itu saya berhasil meletakkannya diatas bidang dan mengatur posisi arc sesuai yang saya inginkan dengan cara mengatur sesuai dengan axis dimana sebelumnya saya tidak memperhatikan axis.

8.        Referensi

Mariska Listyasari

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: