Prak 07 – Membuat Aset Utama
1. Tujuan
Praktikum ini berisi
tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini,
kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar
Teori
NURBS
modeling merupakan singkatan dari
Non-Uniform Rational B-Spline. Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya
dalam 3ds max) dengan fokus utama pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan
surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang modeller dapat membuat obyek dengan
kurva yang memiliki tingkat kerumitan tinggi sehingga teknik ini menjadi
standar modeling khususnya dalam pembuatan obyek dengan permukaan kurva.
Disini kita juga menggunakan Sweep. Cara kerja Sweep sendiri di Cinema 4D adalah dimana sweep ini merupakan Sapuan NURBS yang merupakan alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Kita juga mengenal mengenai Bump map. Bump map pada material setting ini merupakan gambar hitam putih yang ada di objek kita. Bisa disebut tekstur. Dimana yang terang menunjukkan bagian yang timbul sedangkan yang gelap menunjukkan bagian yang masuk ke dalam.
Disini kita juga menggunakan Sweep. Cara kerja Sweep sendiri di Cinema 4D adalah dimana sweep ini merupakan Sapuan NURBS yang merupakan alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
Kita juga mengenal mengenai Bump map. Bump map pada material setting ini merupakan gambar hitam putih yang ada di objek kita. Bisa disebut tekstur. Dimana yang terang menunjukkan bagian yang timbul sedangkan yang gelap menunjukkan bagian yang masuk ke dalam.
5. Tugas
Praktikum
Membuat Asset Utama
6. Hasil
Praktikum
7. Kesimpulan
Dengan adanya praktikum
ini, saya bisa membuat sebuah tulisan yang bisa dijadikan sebagai bahan
pembuatan bumper dan saya mengetahui langkah-langkah pembuatannya dari
referensi yang telah diberikan. Kesulitan yang saya dapati adalah saya belum
bisa mengatur bentuk objek yang saya gunakan supaya terlihat presisi dalam
bentuk 3D nya.
0 komentar: