Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1.
Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa
ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada
praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2.
Alat
·
Adobe Illustrator CC
·
Maxon Cinema 4D R16
3.
Bahan
·
Praktikum sebelumnya
·
asset sekunder
4.
Dasar Teori
Dalam praktikum kali ini kita menggunakan secondary
assets. Dimana secondary assets berfungsi untuk memunculkan objek yang telah
kita buat sebelumnya namun bukan sebagai objek utama. Lebih tepatnya, secondary
assets merupakan bentuk copy an dari objek utama yang kita buat. Disini,
kita juga menggunakan f-curves yang berfungsi untuk mengontrol serta mengatur
kehalusan dari gerakan animasi yang kita buat. Jadi, kita bisa mengatur
pergerakan dari animasi yang kita buat dari cepat ke pelan sesuai yang kita inginkan.
5.
Tugas Praktikum
·
Tambahkan kompleksitas
gerakan pada asset utama (logo)
·
Haluskan gerakannya
menggunakan F-Curves
6.
Hasil Praktikum
7.
Kesimpulan
Untuk membuat praktikum kali ini, saya mengalami kesusahan
dalam melakukan kompleksitas gerakan utama. saya mengalami kesulitan dalam
memutar gambar. hal ini disebabkan karena saya tidak mengaktifkan tombol
enable axis terlebih dahulu dan ternyata saya harus memutar objek melalui coordinate. Dalam menentukan F-curves pada awalnya saya juga mengalami kesulitan karena F-Curves saya banyak yang berupa garis lurus. Namun, hal itu bisa diselesaikan dengan memilih satu per satu dari tiap objek.
8.
Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
mohhasbias.com/Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves/
mohhasbias.com/Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves/
0 komentar: